Pada hari ini, Selasa, 10 November 2020 dan bertepatan dengan hari pahlawan dimulailah penyampaian materi diklat yang pertama yaitu tentang Articulate Storyline 3. Pemberian materi diklat ini dilakukan melalui aplikasi microsoft Teams. Pemberian materi Articulate Storyline ini dibagi menjadi 2 kelas dengan masing-masing pemandu adalah Heri Susanto (kelas A) dan Anita Sukarini (kelas B).

Acara pemberian materi dimulai pukul 13.00 - 15.00 WIB. Acara dibuka dengan khidmat untuk mengkondisikan peserta yang antusiasmenya sangat tinggi. Pemberian materi untuk kelas B dimoderatori oleh Ibu Dani dari PGRI SLCC Kota Surakarta. Articulate Storyline 3, biasa disingkat AS3 merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis html sehingga bisa dijalankan via browser secara online. Hasil media yang dipublish mirip dengan file powerpoint, hanya saja dalam pemberian animasi lebih mudah dan lebih variatif. Dengan AS3 kita dapat membuat media pembelajaran dengan mudah dan cepat karena sudah disedakan template-template yang menarik dan berbagai desain. Bahkan kreator pun tidak perlu memiliki kemampuan koding (bahasa pemrograman) untuk bisa memanfaatkannya. Mudah, simpel dan menarik. Yang jelas, inovatif juga kan? Guru juga bisa menyalurkan kreativitasnya dalam membuat media. Bahkan AS3 ini juga bisa digunakan untuk membuat game juga lho! So, ayo belajar AS3!

Kegiatan Diklat dan Lomba Pembuatan Media Pembelajaran ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan Hari Guru Nasional dan HUT ke-75 PGRI Kota Surakarta. Ada 3 aplikasi media yang digunakan yaitu Articulate Storyline, Smart Apps Creator, dan Flipbook. Materi ini diberikan selama 3 hari pada tanggal 10 - 12 November 2020.