Seminar Online Selasaan (SOS)

Blog untuk Pembelajaran Terintegrasi Rumah Belajar
Didukung oleh Pusdatin, Seamolec, Dirjen SMK
Waktu : Selasa, 20 Oktober 2020, pukul 19.30 - 21.00 WIB
Host : Crysna Rhany Ningrum, S.Kom.
Moderator : Widya Ika Candra Dewi, S.Si.
Narasumber : Anita Sukarini, S.Pd.

Seminar Online Selasaan atau yang biasa disingkat dengan SOS, merupakan program seminar rutin yang diadakan oleh Kemdikbud, Seamolec dan Dirjen SMK yang dilaksanan setiap selasa malam. Program ini selalu menghadirkan berbagai inovasi pembelajaran yang bisa meningkatkan kompetensi guru.

Alhamdulillah, saya di sini diberi kesempatan untuk menyampaikan materi mengenai blog yang terintegrasi dengan portal rumah belajar. Seminar dibuka oleh Ibu Crysna dari SMP Negeri 1 Ponogoro selaku host, kemudian sebagai moderator adalah Ibu Widya dari SMA Negeri 2 Wonogiri. 

Sebagai pengantar materi, awalnya saya sampaikan mengenai sejarah terbentuknya blog. Blog awalnya terbentuk pada tahun 1994. Sebelum berubah istilah sebagai blog, disebut dengan weblog. Kemudian saya juga menerangkan tentang jenis-jenis blog, beberapa penyedia layanan blog gratis, manfaat blog serta blog untuk pembelajaran.

Setelah itu saya sampaikan tentang bagaimana cara membuat blog dari awal menggunakan penyedia layanan dari blogger (milik google). Saya melakukan praktik langsung dengan sistem share screen sehingga para peserta bisa lebih memahami bagaimana langkah-langkah cara membuat blog. Kemudian bagaimana cara memposting blog dan mengintegrasikan sumber-sumber dari portal rumah belajar ke dalam blog kita. Saya berikan contoh juga salah satu postingan blog saya yang mengintegrasikan lab maya milik rumah belajar ke dalam materi kali ini.

Webinar ini diikuti oleh kurang lebih 41 peserta, dengan dihadiri oleh Bapak Abi Sujak dari Pusdatin dan Pak Gatot dari Seamolec dan Ibu Siti Zulaika selaku panitia SOS.
Antusiasme dari para peserta sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul. Salah satunya dari Pak Adrianus Teterogoh dari Palu beliau menanyakan bagaimana cara menambahkan gadget html ke dalam fitur-fitur blog. 


Screenshot kegiatan webinar:





Rekaman webinar: